Minggu, 17 Oktober 2010

Hati-Hati Dengan Kotak Korek Api di Sekitar Anda!!

                Kutu anjing adalah binatang yang mampu melompat 300 kali tinggi tubuhnya. Namun, apa yang terjadi bila ia dimasukkan ke dalam sebuah kotak korek apai kosong lalu dibiarkan disana selama satu hingga dua minggu? Hasilnya kutu itu sekarang hanya mampu melompat setinggi kotak korek api saja! kemampuannya melompat 300 kali tinggi tubuhnya tiba-tiba hilang.

                Ini yang terjadi, ketika kutu itu berada di dalam kotak korek api ia mencoba meompat tinggi. Tapi ia terbentur didding korek api. Ia mencoba lagi dan terbentur lagi. Terus begitu sehingga ia mulai ragu akan kemampuannya sendiri.

                Ia mulai berpikir, "Sepertinya kemampuan saya melompat memang hanya segini." Kemudian loncatannya disesuaikan dengan tinggi kotak korek api. Aman, dia tak terbentur lagi. Saat itulah dia sangat yakin.

                "Naah benar kaan. kemampuan saya memang cuma segini. Inilah saya !"

                Ketika kutu itu sudah dikeluarkan dari korek api, dia masih terus merasa bahwa batas kemampuan lompatannya hanya setinggi kotak korek api. Sang kutu pun hidup seperti itu hingga akir hayat. Kemampuan yang sesungguhnya tidak tampak. Kehidupannya telah dibatasi lingkungannya.

                Sesungguhnya di dalam diri kita juga banyak kotak korek api. Seorang teman juga bisa jadi kotak korek api bagi kita. Coba ingat ketika seorang teman berbicara seperti ini, "Ngapain sih kamu kerja keras seperti itu, kamu akan sia-sia saja, mustahil kamu untuk berhasil."

                Ingat! Mereka adalah kotak korek api. Mereka bisa menghambat perkembangan potensi diri anda.

                Kotak korek api juga bisa berbentuk kondisi tubuh yang kurang sempurna, tingkat pendidikan yang rendah, kemiskinan, usia dan lain sebagainya. Bila semua itu menjadi kotak korek api maka akan menghambat prestasi dan kemampuan anda yang sesungguhnya tidak tercermin dalam aktivitas sehari-hari. Bila potensi anda yang sesungguhnya ingin muncul, anda harus take action untuk menembus kotak korek api tersebut.

                Lihatlah ucok baba dengan tinggi tubuh dibawah rata-rata ia mampu menjadi presenter televisi. Andapun tahu helen keller, dengan mata yang buta tuli dan gagu, dia mampu lulus dari harvard university. Bill gates tidak menyelesaikan pendidikan sarjananya, namun mampu menjadi raja komputer.  Andrie Wongso tidak menamatkan sd namun mampu menjadi motivator yang baik. Contoh lain meneg bumn, Bpk. Sugiharto, yang pernah menjadi pengasong, tukang parkir dan kuli pelabuhan. Kemiskinan tidak menghambatnya untuk terus maju. bahkan sebelum menjadi menteri beliau pernah jadi eksekutif di salah satu perusahaan ternama.  Begitu juga dengan kolonel sanders, sukses membangun jaringan restoran fast food ketika usianya sudah lebih dari 62 tahun. Nelson mandela pun menjadi presiden setelah 65 tahun.

                Nah bila anda masih terkungkung dengan korek api, pada hakikatnya anda masih terjajah.  Orang-orang seperti mereka adalah orang yang mampu menembus kungkungan kotak korek api. Merekalah contoh sosok orang yang merdeka sehingga mampu menembus keterbatasan.


Bagaimana dengan anda ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar